Breaking

Sabtu, 22 November 2014

Ayam Hutan Indonesia


Ayam Sumatra yg asli yang ada di hutan adalah jenis ! 

1.Ayam Hutan Merah Sumatra.(AHMS) 

 

2. Ayam hutan Bankiva Burmese (AHBB) (daerah aceh utara ) 

 

 

3 Ayam hutan Bankiva Java(AHBJ) ( Lampung tengah keselatan)

 

4.ayam Black Sumatra(BS) 

 

( sepanjang bukit barisan dari utara Sumatra Barat hingga ke Bengkulu ,Sumsel Lampung barat dan ujung jawa barat bagian barat . Setelah masa penjinakan bermunculan Ayam Red Sumtara , Brugo . Ayam Kinantan, Ayam Pegagan ( ayam jurai Ogan ) dan ayam Tanjung Karang ( mirip Birma ) juga Ayam Selasih dan di Sumbar juga ada ayam hias dari kokoknya dan sebagai ayam hias. Demikian sebagai info..ayam ayam asli dari Sumatra.

AHMS : cirinya ada pial telingah putih
AHBB (Sumatra ) : seperti ayam hutan birma tapi lebih kecil posturnya dan ekornya agak landai dibandingkan dengan ayam hutan birma.
AHBJ : seprti ayam hutan jawa tapi lebih kecil juga dan corak cokelatnya dominan namun lebih cerdas dari pada ayan hutan merah jawa ..


Ayam aduan sering diidentikkan dengan ayam bangkok asal Thailand. Namun ternyata Indonesia juga memiliki ayam asli yang berpotensi digunakan sebagai ayam aduan, yaitu Ayam Sumatera. Ayam Sumatera merupakan jenis ayam buras yang berkembang di daerah Sumatera Barat. Ayam ini sering juga disebut Ayam Trah Jurai Ogan. Ayam Sumatera digolongkan sebagai ayam tipe hias karena memiliki bulu yang indah dan mengkilap. Selain itu juga dapat digolongkan sebagai ayam aduan atau ayam laga. Kemampuan bertarungnya tidak kalah dengan ayam Bangkok atau ayam Birma. 



Ciri-Ciri Ayam Sumatera Adalah : 

  • - Tubuh termasuk sedang 

  • - Warna bulu dominan hitam dengan kombinasi warna putih dan merah 

  • - Muka berwarna merah dan hitam 

  • - Paruh dan Kaki berwarna putih gelap

  • - Kaki terlihat pendek 

  • - Menghasilkan telur 6-10 butir per periode 

  • - Bobot dewasa baik jantan dan betina berkisar 1,5 – 2,2 Kg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox