Breaking

Selasa, 25 Oktober 2016

Cara Mengatasi dan Mengobati Ayam Bangkok Cacingan

Agen Sabung Ayam - Ayam Bangkok Cacingan, Jenis penyakit cacing yang kerap menyerang ayam bangkok bisa terjadi akibat sebuah virus dan bakteri. Jenis cacing ini, biasa menyerang bagian dalam usus pada ayam tersebut. Jika ayam bangkok mengalami gejala cacingan ini, maka kita sebagai tuannya harus cepat tanggap untuk secepatnya mengobati ayam tersebut.


Ayam bangkok cacingan ini diindikasikan terserang sebuah parasit cacing, ini mumunya ada ayam bangkok remaja. Kebanyakaan memang begitu, sangat jarang menyerang ayam bangkok yang telah dewasa. Sebagai perbandingan 70:30.

Ciri serta gejala ayam bangkok cacingan, bisa kita lihat dari tanda-tanda ayam lesu, susah makan, diare, bobot turun drastis, kurus, sayap terkulai lemas dan ayam sulit megalami pertumbuhan.

Memang cacingan pada ayam bangkok tidak terlalu berbahaya, hanya saja ayam bangkok yang sudah parah dan terlambat diatasi akibatnya lama kelamaan bisa mati digrogoti cacing tersebut.

Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati. Pepatah tersebut memang benar adanya, ada bebeberapa cara mencegah agar parasit cacing ini tidak menyerang ayam bangkok. Hal yang perlu kita perhatikan dan lakukan adalah membersihkan lingkungan sekitar, kandang, tempat pakan dan minum serta peralatan lain yang biasa kita gunakan sehari-hari.

Pemberian Antibiotik untuk Ayam Bangkok Cacingan

Selain itu pemberian antibiotik juga perlu untuk kita lakukan, berikan antibiotik berupa Caricid pada ayam yang masih berumur 3 bulan. Antibiotik tersebut dicampur air minum dengan dosis sesuai isi kemasannya. Selain itu, juga bisa kita berikan berupa Premik. Cara pemberiannya bisa kita campur dengan pakan.

Untuk cara pengobatan jenis penyakit ayam bangkok cacingan bisa juga dengan cara pemberian obat cacing. Namun, sebelum memberikan obat cacing, alangkah baiknya jika kita mengenali jenis cacaing yang menyerang ayam bangkok tersebut.

Hal ini dimaksudkan, agar benar dan sesuai dengan pemberian obat supaya cacing benar-benar mati dan hilang dari tubuh ayam. Banyak jenis cacing yang bisa menyerang ayam bangkok, bukan hanya satu jenis.

Jenis Antibiotik untuk pengobatan yang bisa anda beli diapotik atau toko unggas seperti
  • Piperazin
  • Levamizol
  • Niklosamida
  • Ivermectin
Banyak yang diperjual belikan secara bebas obat cacing ayam bangkok  tersebut. Namun, saat pemakaian pada ayam dianjurkan untuk membaca petunjuk pemakaian yang tertera. Agar dosis serta gejala yang ditimbulkan sesuai dengan dosis yang diberikan.

Banyak tuan ayam yang menganggap penyakit jenis ayam bangkok cacingan ini sepele. Padahal, jika kita kalkulasikan kerugian yang ditimbulkan akan sangat berdampak bagi kita. Selain kerugian materil, pertumbuhan ayam pun terganggu dan jika sudah para sulit untuk disembuhkan.
Sekian informasi dari tim redaksi Juara303, semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Adbox