Breaking

Selasa, 25 Oktober 2016

Makna Mangkok Ayam Jago Yang Fenomenal




Agen Sabung Ayam - Kepopuleran mangkok ini ternyata sudah sejak zaman dahulu kala. Bahkan sejak zaman nenek atau kakek kita waktu masih muda dulu. Mangkok bergambar ayam jago ini semakin dikenal dikarenakan salah satu brand penyedap rasa Indonesia menjadikan mangkok ini sebagai hadiah jika membeli penyedap rasa dalam jumlah yang banyak. Tahukah Anda, mangkok ayam jago ini rupanya bukan buatan asli Indonesia. Jika Anda memperhatikan tulisan yang tercantum dibawah mangkok berwarna hitam bertuliskan 'Made in China'.

Warna mangkok yag sederhana sangat mudah diingat, latar mangkuk didominasi dengan warna putih dan sedikit gambar bunga dengan daunnya, yang pastinya tidak ketinggalan ayam jago dengan jengger yang berwarna hitam seperti ayam khas asal China.

Mangkok ini telah banyak digunakan oleh pedagang makanan seperti tukang bakso, mie ayam, soto, dan lain-lain. Anda yang pernah membeli bakso, bubur, atau mie ayam pastinya pernah melihat mangkok yang bergambar ayam jago di bagian luarnya bukan?. Ya, Di Indonesia tidaklah sulit untuk menemukan mangkok keramik yang bergambar ayam jago tersebut. Namun, pernahkah Anda bertanya-tanya? "Apa sih makna gambar Ayam Jago pada mangkok tersebut?" Apakah hanya sekedar gambar? atau memang ada makna tertentu? Memang, banyakan orang hanya mengacuhkan gambar ayam jago pada pinggiran mangkok tersebut.
Dan ternyata mangkok ini bukanlah cuma terkenal di Negeri yang kita cintai ini. Tetapi juga di negara tetangga Singapura, Bangkok, Malaysia dan China. Bahkan kabarnya nih, ada salah satu scene film Thailand yang memperlihatkan mangkok cap ayam jago ini. Dan yang lebih fenomenalnya lagi, Mangkok ini juga pernah muncul di film komedi yang dibintangi oleh Stephen Cow , Kungfu Hustle. Nah sekarang yang menjadi pertanyaan adalah kenapa gambarnya harus ayam jago? Bukannya Naga atau Ular? atau yang lain?. Berikut alasan-alasan dibalik Mangkok fenomenal tersebut.
 1. Ayam jago adalah simbol kemakmuran

Ternyata gambar ayam jago pada mangkok ini dicetak bukan tanpa alasan sama sekali. Dikutip dari berbagai sumber yang ada, telah ditemukan bahwa gambar ayam jago di mangkok tersebut dikatakan mewakili simbol kemakmuran.
Ayam jago dalam tradisi China dikaitkan dengan kelancaran rezeki. Ada seorang pepatah mengatakan manusia itu harus bangun pagi agar nanti rezekinya tidak dipatuk ayam. Dan Tentunya melalui gambar ayam jago tersebut, para pedagang berharap bisa memperoleh rezeki yang lapang dan lancar.
2. Pendapat Penjual Bakso


Ayam jago melambangkan simbol dari kemakmuran rejeki. Bangunnya saja pagi-pagi, terus langsung berkokok membangunkan warga. Makanya ada pepatah mengatakan kalau bangun harus pagi-pagi jika tidak mau rejekinya diambil oleh orang lain.
Jadi, ayam itu sangat bermanfaat. Selain rajin, dagingnya bisa dimakan, telurnya juga bergunat bagi kesehatan.
 3.Banyak diimpor dari Negeri Tirai Bambu


Fakta lainnya adalah mangkok yang  berdiameter atas 16.5 cm, diameter bawah 9 cm dengan tinggi 6 cm ini diimpor dari Negeri China. Menurut sejarah, filosofi simbol ayam sudah dikenal sejak zaman kerajaan dinasti Ming.
Awal mula mangkok legendaris ini masuk Indonesia kemungkinan besar berasal lewat perdagangan, dimana terdapat banyak orang warga negara China yang datang ke Asia tenggara, termasuk Indonesia.

Tetapi banyak juga para peneliti yang berpendapat bahwa mangkok ini berasal dari Negeri Gajah Putih, Thailand. juga dikatakan bahwa ayam merah tersebut adalah ayam hutan Gallus gallus yang sudah lama diternak dan dibudidaya sejak tahun 8000 SM.

Dan pada tahun 5300 - 4300 SM, telah ditemukannya artefak atau fosil ayam Gallus gallus di China. Kemudian menyebar ke Negeri India tepatnya di lembah Indus pada tahun 2500 - 3000 SM. Dan yang paling terbaru adalah telah ditemukan di Yunani pada tahun 409. Jadi dari mana sebenarnya mangkok ini berasal?.

Dari mana mangkok ayam jago merah itu berasal tidaklah menjadi masalah besar, yang terpenting mangkok tersebut telah banyak berjasa bagi pedagang-pedagang di Indonesia, seperti pedagang bakso, mie ayam, soto serta jajanan lainnya yang selalu menggunakan mangkok tersebut. Dan Ayam juga yang menjadi hewan yang paling laris diolah menjadi masakan.

Nah di Indonesia, semua produk keramik yang mempunyai label "Made in China" ini dijajakan dan hingga sekarang mengalami asimilasi budaya sampai-sampai diproduksi secara masal sehingga bisa sampai ke tangan para pedagang, yang secara otomatis menjadikannya  semakin murah (berhubung KW)  dibandingkan barang keramik asli dari pada daerah pembuat motif ayam jago tersebut.

Sekian artikel Agen Sabung Ayam tentang Makna Mangkok Ayam Jago Yang Fenomenal. Semoga bermanfaat.

1 komentar:

Adbox